Daftar kontak customer service operator komunikasi di Indonesia

Laporkan!

Pernahkah kamu memiliki masalah dengan nomor HP atau telepon mu, atau jaringan internetmu? Misalnya, ada fitur yang tidak berfungsi, jaringan di tempatmu tiba-tiba lemah, ada pembelian yang tidak wajar, atau masalah lainnya? Atau ingin melaporkan spam/penipuan? Laporkan ke kontak di bawah aja.

Lapor ke operator

:

Laporan ke pihak berwenang

Bila kamu merasa bahwa operator nomor melakukan penyalahgunaan (misalnya penyalahgunaan pesan kelas 0 (class 0 message), penjualan data pribadi, kebocoran data pribadi, dll.), atau kamu mendapatkan pesan (SMS, WhatsApp, Telegram, dll.) atau telepon yang membahayakan dan mengancam, ada baiknya agar langsung dilaporkan kepada layanan pengatur layanan komunikasi.

BRTI

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) dibawah Kemenkominfo membuka layanan pelaporan nomor dan pesan mencurigakan melalui Aduan BRTI. Caranya dengan mengirimkan laporan ke akun twitter @aduanBRTI lewat mention atau DM, dengan mencantumkan:
  • Identitasmu (pelapor), yaitu nama, email, dan nomormu yang dikirimi pesan/ditelepon. Tentunya nomor ini harus sudah terdaftar sesuai KTP dan KK.
  • Screenshot isi pesan atau rekaman pembicaraan telepon. Nomor pengirim/penelepon harus terlihat di screenshot.
sumber info: [7]

Namun menurut saya, cara pelaporan hanya seperti ini masih kurang, karena hanya bisa menjangkau orang yang menggunakan Twitter, sedangkan selain pengguna Twitter harus melapor dengan cara yang lebih rumit. Harusnya bisa dipermudah dengan membuka pelaporan lewat media sosial lain (Facebook, IG, dll.), SMS, email, atau telepon.

Ada cara lain lagi, yaitu melalui lapor.go.id/instansi/badan-regulasi-telekomunikasi-indonesia. Masukkan poin-poin di bawah ke dalam form yang ada di dalam website. Bagian yang diberi tanda bintang (*) wajib diisi.
  • Judul laporan*. Judul yang singkat dan jelas
  • Isi laporan*. Jelaskan apa yang dialami secara rinci
  • Tanggal kejadian*
  • Lokasi kejadian*
  • Kategori laporan. Di bagian Teknologi Informasi dan Komunikasi, pilih blokir nomor telepon, jaringan internet, atau lainnya terkait Teknologi Informasi dan Komunikasi (sesuai apa yang dilaporkan).

Referensi

  1. Telkomsel. Hubungi Kami. https://www.telkomsel.com/bantuan/hubungi-kami diakses pada
  2. Indosat Ooredoo. Halaman utama. https://www.indosatooredoo.com/portal/id/indexpersonal diakses pada
  3. tri.co.id. 3Care. https://3care.tri.co.id/ diakses pada
  4. tri.co.id. Waspada Penipuan. https://tri.co.id/Waspada-Penipuan diakses pada
  5. XL Axiata. Bantuan dan Dukungan. https://www.xl.co.id/id/bantuan diakses pada
  6. Smartfren. Hubungi Kami. https://www.smartfren.com/connect-with-us/support/call-us/ diakses pada
  7. Kemenkominfo RI. Aduan BRTI. https://layanan.kominfo.go.id/microsite/aduan-brti diakses pada

Komentar