Melaporkan gangguan internet Indihome lewat aplikasi My Indihome

thumb
Dino legendaris yang muncul di Chrome saat internet mati.

Saat ini masih dalam pandemi COVID-19. Kebutuhan internet untuk kerja dan belajar dari rumah masih tinggi, karena kerja dari kantor atau belajar dari sekolah masih dibatasi.

Bagi yang sedang tidak belajar pun, internet saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk tetap terhubung dengan dunia. Internet sangat membantu orang untuk tetap berkomunikasi walaupun dari jarak jauh. Internet juga sangat membantu untuk berkreasi dan mengembangkan diri.

Kemudian tibalah salah satu saat yang tidak diinginkan. Ketika jaringan internet di rumah putus, pekerjaan jadi terhambat, belajar juga terhambat. Tidak mungkin memaksakan semua pekerja untuk kerja dari kantor atau memaksakan semua pelajar untuk belajar dari kelas saat pandemi seperti ini.

Kerusakan yang terjadi harus dilaporkan ke provider agar dapat diperbaiki. Di bawah ini adalah cara melaporkan kerusakan internet khusus pengguna internet Indihome.

Sebelum melaporkan

Supaya dapat dilaporkan dengan benar (dan supaya jangan jadi malu bila ternyata kerusakannya bisa diperbaiki sendiri), pertama-tama cek dulu kira-kira kerusakan apa yang terjadi pada modem. Bila tidak mengerti, cek dan catat apa saja perubahan yang terjadi saat internet tidak berfungsi, seperti indikator apa saja yang menyala dan warnanya.

  1. Bila tidak ada lampu indikator yang menyala, coba cek colokan listriknya. Apakah longgar, tidak tersambung, atau putus, atau gangguan lainnya. Bila setelah diperbaiki internet dapat berjalan lancar lagi, tidak perlu melapor.
  2. Bila indikator LOS/PON menyala merah, coba kencangkan kabel optiknya. Di rumah saya kabelnya warna kuning dengan konektor warna biru dan disambungkan ke modem lewat bagian belakang/bagian bawah. Di perangkat lain mungkin dapat berbeda. Bila sudah dikencangkan dan masih menyala merah, coba restart modem (router). Bila masih menyala merah, catat untuk dilaporkan.
  3. Bila terlihat kerusakan yang sudah jelas, misalnya kabel optik putus karena digigit tikus, atau modem rusak karena tersambar petir, langsung saja dilaporkan.

Melaporkan kerusakan

Apabila upaya perbaikan di atas tidak membuahkan hasil, ambil hpmu dan laporkan kerusakan ini ke CS Indihome. Di sini tidak menggunakan cara kuno (telepon 147), namun menggunakan aplikasi myIndihome.

Bagi pengguna HP Android, download aplikasinya di Play Store. Bisa juga didownload di Huawei AppGalery. Untuk versi iOS-nya saya kurang tahu, karena ketika dicek di App Store Apple tidak ada aplikasi myIndihome atau yang serupa.

Catatan
Cara ini hanya untuk melaporkan kerusakan internet pada provider Indihome, tidak untuk provider lain.

Buka tab bantuan

Masuk ke aplikasi myIndihome, kemudian di bagian bawah layar pilih bantuan. Di menu bantuan, pilih pengaduan layanan. Pilih nomor layanan (12 digit nomor Indihome).

Pilih gangguan yang sesuai

Di dalam pengaduan layanan, ada bagian "topik bantuan" dengan pilihan internet, TV, add-on, tagihan, dan poin. Di bawahnya, ada juga bagian "pengaduan yang sering diajukan". Bila di situ ada pilihan "internet tidak bisa diakses", pilih itu.

Di dalam opsi "internet tidak bisa diakses", ada beberapa saran tindakan yang sebaiknya dilakukan sebelum melapor, mirip dengan yang sudah dijabarkan di atas. Bila kerusakan sudah dipastikan, lanjut saja dengan menekan tombol selanjutnya.

Tulis gangguan yang dialami

Tuliskan dengan rinci gangguan yang dialami. Jelaskan juga setiap perubahan yang terlihat, yang sudah dicek sebelum melaporkan. Langsung saja, nggak perlu basa-basi segala macam, tapi jangan menghina juga.

Jika sudah dijelaskan secara rinci dan benar, kirim laporan ke pihak Indihome dengan menekan tombol kirim.

Perbaikan

Biasanya dalam waktu kurang dari 10 menit, laporan akan langsung ditanggapi. Status perkembangan laporan dan perbaikan bisa dilihat di notifikasi (tekan ikon lonceng di kanan atas), di dalam pesan berjudul "Tiket Lapor Gangguan". Petugas akan tiba di tempatmu dalam waktu 15 menit sampai 1 jam setelah laporan ditanggapi, tergantung jarak dari tempatmu ke kantornya, atau tergantung ketersediaan petugas di daerahmu.

Lamanya proses perbaikan

Lamanya perbaikan dapat bervariasi, tergantung di mana letak kerusakannya.

  • Kerusakan di kabel dalam rumah/modemnya: kira-kira setengah sampai 1 jam
  • Kerusakan di tiang tertentu/kabel besar utama: kira-kira 1 jam atau lebih

Waktu perbaikan juga bisa lebih cepat atau lebih lama dari perkiraan di atas, tergantung beberapa faktor, seperti:

  1. Mudah/sulitnya mencari titik kerusakan
  2. Ketersediaan kabel, modem, atau perangkat pengganti
  3. Cuaca. Bila hujan, kemungkinan perbaikan harus ditunda
  4. Ketersediaan teknisi
  5. Keterampilan teknisi

Contohnya ketika saya kemarin internetnya mati karena kabel utama di tiang putus (tiangnya berjarak 50 meter dari rumah). Dalam hitungan 1 jam, petugas memperbaikinya, namun hanya perbaikan sementara supaya bisa internetan dulu. Perbaikan penuh akan dilakukan oleh petugas yang berbeda, karena petugas yang biasanya datang ke rumah tidak berwenang memperbaiki kabel utama. Ada tim khusus untuk memperbaiki kabel utama.

Perbaikan kabel utama akan memakan waktu beberapa hari, mungkin tergantung ketersediaan petugas atau ketersediaan kabelnya. Namun jika kabel utama tertanam di tanah, mungkin akan memakan waktu yang lebih lama lagi.

Setelah selesai diperbaiki

Bila semua proses perbaikan sudah selesai, konfirmasi ke pihak Indihome kalau perbaikan sudah benar-benar selesai. Buka notifikasi, lalu buka pesan berjudul ticket_konfirmasi, lalu klik tombol konfirmasi di bagian bawah layar.

Komentar