Indonesia adalah negara kepulauan. Belasan ribu pulau membentang dari Sabang sampai Merauke, dengan 5 pulau besar utama. Pulau-pulau tersebut dikelilingi laut.
Aktivitas perjalanan antarpulau menggunakan kapal sudah pasti terjadi setiap hari. Mulai dari perjalanan pribadi, bisnis, hingga logistik, dengan atau tanpa kendaraan.
Di Indonesia, perjalanan penyeberangan laut diatur oleh PT ASDP Indonesia Ferry, mulai dari rute sampai dengan pembelian tiket. Dulu, pemesanan tiket dilakukan di tempat, dengan sistem mirip pembayaran jalan tol. Namun sejak Juli 2020, Sistem pemesanan tiket diubah menjadi pemesanan online lewat situs Ferizy atau aplikasi Ferizy. Calon penumpang tidak dapat membeli tiket penyeberangan langsung di pelabuhan lagi.
Mengakses Ferizy
Calon penumpang dapat mengakses layanan Ferizy lewat situs https://www.ferizy.com. Atau mendownload aplikasi Ferizy di Google Play Store (Android) atau App Store (Apple).
Cara memesan tiket
Pesan tiket kapal penyeberangan dapat dilakukan menggunakan aplikasi Ferizy atau website Ferizy.
Login
Calon penumpang wajib login terlebih dahulu sebelum menggunakan Ferizy, atau mendaftar akun bila belum punya. Bisa membuat akun Ferizy atau menggunakan akun Google atau Facebook.
Pilih pelabuhan
Pilih pelabuhan asal (keberangkatan) dan pelabuhan tujuan. Contoh: Pelabuhan asal = Merak, Pelabuhan tujuan = Bakauheni.
Saat post ini ditulis, hanya pelabuhan Merak–Bakauheni PP dan pelabuhan Ketapang–Gilimanuk PP yang pemesanan tiketnya dapat dilakukan di Ferizy. Sedangkan bila memilih pelabuhan lain, akan diarahkan ke situs tiket Indonesia Ferry yang ternyata 404 (not found/tidak tersedia).
Pilih kelas layanan
Saat post ini ditulis, ada 2 kelas yang tersedia di rute Merak–Bakauheni PP, yaitu Reguler dan Express/eksekutif. Sedangkan di rute Ketapang–Gilimanuk PP, hanya tersedia kelas reguler.
Perjalanan kelas reguler berdurasi 2 sampai dengan 3 jam sekali jalan, dan mendapat fasilitas standar. Sedangkan perjalanan kelas ekspres/eksekutif berdurasi kurang dari 2 jam dan mendapat fasilitas tambahan.
Pilih jenis pengguna jasa
Jenis pengguna jasa ada 2, yaitu pejalan kaki dan kendaraan. Bila berjalan kaki, pilih pejalan kaki. Bila ingin menyeberang dengan mobil, sepeda motor, truk, atau bus, pilih kendaraan.
Khusus pengguna kendaraan, pilih golongan kendaraan
Pilih golongan kendaraan yang sesuai dengan kendaraan yang digunakan. Semakin tinggi golongan, tentu tarif penyeberangan menjadi semakin tinggi.
Kendaraan tidak bermotor termasuk golongan I. Sepeda motor termasuk golongan II atau III. Mobil penumpang biasa termasuk golongan IVA. kendaraan barang dan kendaraan yang lebih besar ada di golongan IVB atau lebih tinggi.
Pilih tanggal dan jam masuk pelabuhan
Masukkan tanggal dan waktu masuk pelabuhan. Contoh: 16 Maret 2022 pukul 10:00–11:00. Pastikan waktu yang dipilih minimal 2 jam lagi.
Jangan takut menunggu terlalu lama di pelabuhan, karena rentang waktu pukul 10:00–11:00 bukan berarti calon penumpang wajib masuk dan naik ke kapal pada rentang waktu tersebut. Rentang waktu tersebut sebenarnya hanya menandakan waktu paling lama calon penumpang boleh masuk. Bila di tiket waktu masuk tertulis pukul 10:00–11:00, lewat dari pukul 11:00 maka tiket hangus dan harus membeli ulang tiket.
Bila di tiket waktu masuk tertulis pukul 10:00–11:00, namun calon penumpang tiba di pelabuhan sebelum pukul 10:00, calon penumpang tetap boleh masuk ke pelabuhan. Bahkan bila kapal tersedia, calon penumpang boleh langsung masuk ke kapal, sesuai aba-aba petugas.
Masukkan jumlah penumpang dan cari jadwal
Masukkan jumlah penumpang yang terdiri dari penumpang dewasa, penumpang anak-anak, dan penumpang bayi. Kemudian, klik tombol cari jadwal.
Setuju untuk membawa kartu vaksin dan hasil test negatif
Penting selama pandemi COVID-19 belum dinyatakan usai. Calon penumpang wajib menyetujui peraturan kelengkapan dokumen berupa kartu vaksin (minimal dosis pertama) dan surat keterangan hasil negatif test COVID-19 PCR atau antigen. Centang pada kolom "Ya" di sebelah kanan.
Tolong dipahami bahwa aturan ini dapat berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan situasi COVID-19 di masing-masing daerah. Peraturan ini tidak akan ditegakkan lagi ketika pemerintah benar-benar menyatakan pandemi COVID-19 sudah selesai.
Pengecekan jadwal
Sistem akan melakukan pengecekan jadwal, apakah kuota penyeberangan masih tersedia atau sudah penuh. Bila tersedia, maka sistem akan menunjukkan rincian tiket perjalanan. Klik lanjutkan.
Bila kuota sudah penuh, calon penumpang harus mengganti jam masuk pelabuhan.
Isi detail penumpang dan kendaraan
Calon penumpang wajib mengisi detail penumpang, yang terdiri dari nama lengkap dan nomor identitas (KTP, SIM, Paspor, atau dokumen lainnya). Data yang ditulis harus sama dengan di kartu identitas. Bagi pengguna kendaraan, calon penumpang juga wajib mengisi nomor polisi kendaraan, tanpa spasi (contoh: bila plat nomornya B 1234 ABC, maka isi dengan B1234ABC). Jika sudah terisi, klik "Pesan".
Halaman pembayaran
Pilih metode pembayaran, kemudian klik lanjut. Akan muncul kode bayar yang akan berlaku selama 4 menit. Bila 4 menit terlewatkan, maka kode bayar akan hangus sehingga harus mengulang dari memilih metode pembayaran.
Pembayaran wajib dilakukan dalam 1 jam. Bila tidak, pesanan akan hangus, sehingga harus mengisi ulang dari awal lagi.
Metode Pembayaran
Menurut halaman utama Ferizy, pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai bank/ATM/mobile banking, uang elektronik, kantor pos, Pegadaian, atau berbagai minimarket.
Bank yang dapat digunakan untuk pembayaran Ferizy adalah BCA, BNI, BRI, Mandiri, Bank Maspion, Permata Bank, CIMB, dan Maybank.
Ferizy juga menerima pembayaran lewat layanan uang elektronik berikut: OVO, Link Aja, ShopeePay, e-Pay BRI, OCTO Clicks, dan Permata Net.
Minimarket yang menerima pembayaran Ferizy adalah Alfamart, Indomaret, dan Yomart. Sedangkan sarana lain yang dapat digunakan adalah Pegadaian dan Pos Indonesia.
Mendapatkan tiket
Setelah pembayaran masuk, calon penumpang akan mendapatkan tiket elektronik di aplikasinya. Tiket dapat disimpan sebagai file PDF atau di-print. Tiket ini nantinya akan ditukarkan dengan boarding pass di loket masuk (kelas reguler) atau di mall pelabuhan (terminal keberangkatan) untuk kelas ekspres.
Dokumen lain
Calon penumpang wajib menyiapkan kartu identitas sesuai yang digunakan untuk mendaftar (biasanya KTP, tapi bisa juga SIM dll). Nantinya kartu identitas akan ditunjukkan di tempat pengecekan tiket.
Syarat Rapid Test
Update 6 April 2022: selama pandemi COVID-19 belum dinyatakan selesai, calon penumpang yang belum vaksin minimal 2x wajib menyiapkan hasil negatif test COVID metode Rapid Test (RT) PCR atau metode Rapid Test antigen.
Sedangkan yang sudah vaksin minimal 2x, tidak wajib tes antigen/PCR. Tinggal pesan tiket, dan siap berangkat.
Kartu vaksin tidak wajib disiapkan karena data di tiket (Ferizy) sudah tersambung dengan data vaksinasi nasional.
Bila tidak sempat tes COVID-19, dapat melakukan Rapid Test antigen di mall pelabuhan (terminal keberangkatan), khusus penumpang kelas ekspres. Namun untuk kelas reguler saya kurang tahu, karena sudah menyiapkan hasil tes dari rumah.
Rapid Test antigen dapat dilakukan dengan harga Rp80.000. Hasilnya keluar sekitar 5 sampai 10 menit setelah pengambilan sampel.
Komentar
Posting Komentar